Selamat 3 mahasiswa Fisika mewakili Unpad ke PIMNAS 32 di Bali

02/08/2019

Tiga mahasiswa Fisika Universitas Padjadjaran, Intan Farwati, Try Hutomo, dan Rosaldi Pratama mengembangkan sistem pendingin yang mampu mendinginkan lebih cepat pada sistem pendingin aktif reaktor nuklir. Penelitian ini dibimbing oleh Dosen Dr. Cukup Mulyana dan bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Ketiganya mengembangkan sistem pendingin dengan memanfaatkan material gelembung berisi gas dengan berukuran nano. Material ini dikenal dengan nama Nanobubble. Gelembung nano tersebut dipercaya memiliki kapasitas panas dan konduktivitas yang tinggi, sehingga gelembung nano mampu mendinginkan air lebih cepat daripada air biasa.

Menurut Tim tersebut, nanobubbles dapat mempercepat kecepatan pendinginan hingga 10 kali lipat. Air yang mengandung nanobubbles dapat memperingan pergerakan. Selain itu air yang mengandung nanobubbles memiliki ketahanan panas lebih baik.

Salah satu aplikasinya, penggunaan gelembung nano ini dapat meminimalisasi risiko kecelakaan reaktor nuklir, sehingga tingkat keamanannya menjadi lebih baik. Penelitian ini masuk ke dalam Program Kreativitas Mahasiswa kategori Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang berhasil mewakili UNPAD ke PIMNAS yang akan diselenggarakan di Bali pada 27 – 31 Agustus 2019.