Staffs dosen Departemen Fisika mengikuti Nuclear Reactor School di Reaktor Kartini BATAN Jogya

25/10/2019

Dua staffs dosen Departemen Fisika, Otong Nurhilal, M.Si dan Nowo Riveli, PhD mengikuti kegiatan Nuclear Reactor School di Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN Jogyakarta. Kegiatan Nuclear Reactor School bertujuan mengenalkan aplikasi reaktor Kartini dalam berbagai bidang yang telah dilakukan. Salah satunya adalah pemanfaatan reaktor Kartini untuk pembelajaran fisika. Saat ini lebih dari 50 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia, mengajarkan matakuliah fisika inti, fisika modern dan fisika reaktor di prodi Fisika.

Selain mengenalkan aplikasi Internet Reactor Laboratory, kegiatan Nuclear Reactor School yang berlangsung selama dua hari ini (23-24 Oktober), juga mengenalkan fasilitas umum lainnya yang dipunyai PSTA. Outputnya adalah terjalin kerjasama pemanfaatan reaktor Kartini khususnya dalam pelaksanaan praktikum dengan perguruan tinggi. Manfaat langsung bagi perguruan tinggi adalah peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap fenomena fisika inti karena fenomena tersebut hanya bisa dipraktikumkan di reaktor nuklir. Disisi lain adalah akan meningkatkan akreditasi prodi tersebut karena bertambahnya fasilitas laboratorium bagi pembelajaran Fisika khususnya Fisika inti.

Reaktor Kartini di BATAN Jogja telah berhasil mengembangkan Internet Reactor Laboratory (IRL), yaitu sebuah sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web, menggunakan jaringan internet dan video conference. Sehingga memungkinkan mahasiswa di seluruh Indonesia dapat melaksanakan praktikum dengan reaktor Kartini tanpa terkendala jarak dan waktu. Beberapa modul praktikum IRL yang saat ini tersedia adalah: operasi reaktor, kalibrasi daya, pengukuran koefisien reaktivitas suhu bahan bakar, kalibrasi batang kendali, dan kekritisan reaktor. Sedangkan untuk penelitian analisis bahan tidak bisa dilakukan melalui IRL, tetap harus datang langsung ke Reaktor Kartini BATAN.

Statistik Kunjungan: