Penelitian

Sistem konversi antara besaran fisika yang menjadi perhatian utama kelompok riset Fisika Instrumentasi pada dasarnya sangat bergantung dari objek benda dan pemanfaatan besaran fisis termaksud. Oleh karena itu kelompok riset Fisika Instrumentasi memiliki empat Bidang Riset .

  1. Sistem instrumentasi dan pemrosesan material fungsional (eSPe)

Bidang riset ini menitikberatkan kajian penelitian terapan Fisika Instrumentasi untuk pengembangan dan merancang metoda-metoda sintesa yang terintegrasi agar dihasilkan material-material nano dan terapannya dalam kehidupan. Pengembangan penelitian di dalam bidang riset eSPe mengintegrasi tiga hal, yaitu :

  1. Teori dan pemodelan teknologi nano
  2. Rekayasa material dan terapannya
  3. Pengembangan sistem instrumentasi untuk pemrosesan dan karakterisasi material.

Keluaran bidang riset eSPe diharapkan berupa purwarupa perangkat instrumentasi dan atau material nano yang siap diterapkan dan atau dikembangkan dalam pembuatan perangkat elektronika/lainnya.

  1. Sistem instrumentasi industri dan energi (SIE)

Terapan Fisika Instrumentasi di dalam industri dan fisika energi menjadi pokok kajian bidang riset SIE. Berbeda dengan bidang riset eSPe, bidang riset SIE lebih berkonsentrasi dalam : sistem pengukuran, pengendalian dan komunikasi elektronika. Karena itu, pengembangan penelitian di bidang riset ini merupakan integrasi dari :

  1. Teori dan perancangan sistem pengindera (sensor) serta sistem penggiat (actuator)
  2. Teori dan perancangan sistem kendali
  3. Konversi besaran fisis dan sinyal elektronik
  4. Pengolahan sinyal elektronika dan citra

Keluaran bidang riset SIE diharapkan berupa model atau purwarupa perangkat instrumentasi yang siap diterapkan atau dikembangkan dalam skala industri.

  1. Sistem instrumentasi fisika lingkungan dan biofisika (SILB)

Fisika lingkungan dan biofisika adalah objek penerapan Fisika Instrumentasi bidang riset SILB. Sehingga sistem instrumentasi yang diterapkan haruslah tidak membahayakan sistem biologis/lingkungan objek riset. Pengembangan penelitian bidang riset ini merupakan integrasi dari :

  1. Teori dan perancangan sistem pengindera atau transducer untuk objek biologis/lingkungan berupa elektroda atau sensor elektromagnetik
  2. Teori dan pemodelan sistem biologis/lingkungan
  3. Konversi besaran biologis dan sinyal elektronika
  4. Pengolahan sinyal dan citra biologis

Luaran dari bidang riset sistem instrumentasi fisika lingkungan dan biofisika diharapkan berupa model atau purwarupa sistem fisika lingkungan dan biofisika yang siap diterapkan atau dikembangkan lebih lanjut.

  1. Sistem instrumentasi dan teknologi tepat guna

Sistem instrumentasi dan teknologi tepat guna merupakan penelitian bidang pengabdian kepada masyarakat mengkonsentrasikan program kerjanya dalam pengembangan perangkat untuk laboratorium atau pelatihan dalam bidang pendidikan fisika. Sehingga pengembangan dan luarannya (dilengkapi dengan lembar kerja / modul kerja) berupa:

  1. Simulator/alat peraga ilmu fisika dasar
  2. Instrumentasi dan pengukuran virtual

Sasaran bidang pengabdian kepada masyarakat ini diprioritaskan kepada para siswa atau para guru SLTP dan SLTA. Selain itu, tidak menutup kemungkinan kegiatan bidang pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian dari kegiatan PKM yang diselenggarakan oleh fakultas atau pun departemen/prodi lain dengan menyertakan beberapa dosen Laboratorium Fisika Instrumentasi sebagai anggota PKM tersebut.