Magister

Visi-misi | Kurukulum | Konsentrasi Penelitian | Proses Seleksi

Program Studi Magister Fisika UNPAD didirikan pada tahun 2019. Profil lulusan Progran Studi Magister Fisika FMIPA UNPAD dirancang sesuai dengan standar level kompetensi di tingkat nasional, yaitu setara dengan Jenjang 8 pada Kerangka Kualifikasi Nasional. Saat ini program studi Fisika FMIPA UNPAD sedang mengejar akreditasi tingkat internasional. Program magister fisika FMIPA UNPAD dalam beberapa tahun kedepan akan berusaha mendapatkan level kompetensi berstandar internasional. Kompetensi program magister Fisika tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Lulusan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi pada bidang material, energi, instrumentasi dan geofisika hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
    2. Lulusan mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang material, energi, instrumentasi dan geofisika melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
    3. Lulusan mampu meberikan kontribusi terhadap kemajuan Ilmu dan teknologi pada bidang material, energi instrumentasi dan geofisika yang berkelanjutan ditingkat nasional.
    4. Lulusan mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
    5. Lulusan mampu berkomunikasi ilmiah baik secara lisan maupun tertulis serta dapat menguasai materi-materi sehingga mampu untuk mengikuti studi lanjutan pada Program Doktor (S3).

Profil lulusan magister fisika dibekali oleh keilmuan spesifik fisika seperti mekanika, fisika matematik, mekanika kuantum, mekanika statistik, modelling, dan komputasi. Selain itu mahasiswa dibekali dengan bidang peminatan, ada 4 konsentrasi yaitu bidang material, instrumentasi, energi dan geofisika. Setiap mahasiswa bebas menentukan peminatannya.

Statistik Kunjungan: