Sarjana

Visi, Misi dan Tujuan | Kompetensi Lulusan | Kurukulum | Fasilitas

Program Studi Fisika merupakan program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran yang memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi yang berlaku dari 2013 sampai dengan 2018. Saat ini Program Studi Fisika memiliki kerjasama dengan berbagai instansi di dalam dan di luar negeri untuk meningkatkan kualitas lulusan, seperti BATAN, Tohoku University Jepang, Waseda University Jepang, The Physical and Chemical Research Institute (RIKEN) Jepang, dll.

Program Studi Fisika didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap baik untuk perkuliahan maupun praktikum dan perpustakaan. Laboratorium terdiri dari (1) Fisika Dasar, (2) Fisika Menengah dan Lanjut, (3) Komputer, (4) Elektronika, (5) Instrumentasi, (6) Fisika Material (7) Fisika Energi, (8) Pengolahan Sinyal dan Citra, (9) Hardware, dan (10) Bengkel Mekanik. Staf pengajar berjumlah 23 orang terdiri dari 3 orang Profesor, 13 orang Doktor, dan 10 orang Magister.

Di Program Studi Fisika, dosen dan mahasiswa dapat menyalurkan minat, bakat, ilmu dan keahliannya dalam bidang Instrumentasi (kajian spektroskopi ultrasonik, neural network, pengolahan citra, tomografi IR, robotika, aplikasi mikrokontroler dan Panel Logic Control), Fisika Material (kajian polimer untuk LED, laser, solar sel, superkonduktor, nano-material, grafit, material luminisensi, dan kristal fotonik, biomaterial) dan Fisika Energi (kajian sumber-sumber energi, konservasi energi dan aplikasinya, yang berfokus pada energi gas, energi terbarukan dan energi nuklir). Bidang-bidang minat tersebut diwadahi oleh tiga kelompok bidang keahlian yang terhimpun dalam tiga laboratorium penelitian yaitu (1) Laboratorium Fisika Instrumentasi, (2) Laboratorium Fisika Material (3) Laboratorium Fisika Energi

Lulusan Program Studi Fisika terserap menjadi akademisi, asisten peneliti, dan perekayasa (engineer) di lembaga pemerintah dan swasta seperti LIPI, BATAN, BPPT, LAPAN, Pusat Survey Geologi, PT. Telkom, PTDI, Departemen Keuangan dan Perdagangan, Perusahaan Migas dan Tambang (Pertamina, TOTAL INDOSIE, PT. ELNUSA, GEOTERMAL, MEDCO ENERGIE, PT. PETRONAS, SCLUMBERGER, ENI SPA, PT. Newmont), SIEMENS, Trans TV, PT Control System, Sharp Semiconductor, PT. Epson, PT. Connusa Energindo, Grafindo, PT. Yamatake Berca, Bank, Asuransi, Yokogawa, dll.