Mahasiswa Fisika UNPAD Melakukan Penelitian di Negeri Sakura pada Sakura Science Exchange Program

Sepuluh mahahasiswa UNPAD yang terdiri dari 7 mahasiswa S1 Fisika dan 3 mahasiswa S2 Fisika yaitu Dhifa Shalshabilla, Shaula Aurrora Isa Mardiana, Annisa Nursafitri, Annisa Maharani, Sukma Jan Eda, Tesalonika Siregar, Indah Puspitasari, Gia Nurlita Putri, Tiara Nurmadanti, dan Devi Nurmalasari mendapatkan beasiswa pertukaran Sakura Science Exchange Program 2023. Didampingi oleh dosen Departemen Fisika UNPAD, Prof. Dr. Risdiana, M.Eng, Dr. Utami Widyaiswari (Peneliti Postdoctoral), dan Rosaldi Pratama, M.Si. (Mahasiswa S3 Ilmu Kimia), sepuluh mahasiswa UNPAD tersebut berkesempatan melakukan penelitian di The Physical and Chemical Research Institute (RIKEN) Jepang, selama 21 hari (8 Oktober – 28 Oktober 2023).

Sakura Science Exchange Program merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Japan Science and Technology Agency (JST) untuk talenta-talenta muda dari berbagai negara agar mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mengenai sains dan teknologi serta budaya Jepang. Tahun 2023 ini, merupakan tahun ke-3 Departemen Fisika Unpad mendapatkan grant dari JST untuk memberangkatkan 10 mahasiswanya ke Jepang. Program Sakura Science Exchange Program yang diperoleh oleh 10 mahasiswa Unpad selama 3 tahun ini adalah program tipe B yaitu program dengan lama kegiatan selama 21 hari. Program tipe ini merupakan program terpanjang yang ditawarkan dengan tingkat pesaingan yang sangat tinggi untuk mendapatkan grantnya. Yang bertindak sebagai Host pada kegiatan ini adalah Dr. Isao Watanabe dari The Physical and Chemical Research Institute (RIKEN).

Tour laboratorium yang dipandu oleh Dr. Isao Watanabe (kanan).
Kegiatan ini dibuka dengan tour dan perkenalan peralatan, prosedur penelititan dan prosedur keamanan yang dipandu oleh Dr. I. Watanabe. Di hari berikutnya dilaksanakan welcome party dan perkenalan dengan seluruh tim laboratorium Meson Science Laboratory. Seluruh mahasiswa peserta Sakura Science Exchange Program juga berkesempatan untuk secara langsung melakukan proses preparasi dan pengukuran sampel menggunakan X-Ray Diffraction (XRD), Superconducting Quantum Interference Device (SQUID), dan Nuclear Magnetic Resonance (NMR).

Gambar 2. Mahasiswa melakukan eksperimen (kiri) dan kunjungan ke Laboratorium di Sophia University (kanan).

Seluruh peserta Sakura Science Program ini juga mengunjungi Sophia University. Laboratorium yang dikunjungi adalah laboratorium yang dipimpin oleh Prof. Adachi yang merupakan laboratorium sintesis bahan-bahan superkonduktor, dan Laboratorium Prof. Goto yang merupakan laboratorium untuk karakterisasi menggunakan NMR.

Gambar 3. Berfoto Bersama di Kampus Sophia University, Tokyo.

Selama 21 hari di Jepang, mahasiswa peserta pertukaran Sakura Science Exchange Program juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi kampus Sophia University, Radioactive Isotope Beam Factory (RIBF) RIKEN, dan museum sains Miraikan. Pada saat akhir pekan, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa pusat budaya di sekitar Tokyo.

Gambar 4. Penerimaan sertifikat peserta Sakura Science Exchange Program 2023.

Kegiatan ini ditutup dengan presentasi hasil pengukuran selama pelaksanaan program oleh para mahasiswa dan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat Sakura Science Exchange Program.

Selama kegiatan ini, 10 mahasiswa peserta Sakura Science Program juga dibantu oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang sedang melakukan studi di Jepang dalam program International Program Associate (IPA), yaitu Diba Grace Auliya (Mahasiswa S3 Bioteknologi, Unpad), M. Abdan Syakuur (Mahasiswa S3 Ilmu Kimia, Unpad), dan Anita Eka Putri (Mahasiswa S3 Fisika, UI).

Translate »